E-COMMERCE

04:14:00

E-COMMERCE

E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut komsumen(consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara(intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer yaitu internet.
                E-Commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan(customer), atau perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan public.

Sistem E-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi :
Electronic Markets(Ems)
                Ems adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan.
Electronic Data Interchange (EDI)
                EDI adalah sarana untuk mengefisiensikan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial
Intenet Commerce
                Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan.
               
KARAKTERISTIK  E-COMMERCE
Transaksi E-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus :
Transaksi tanpa batas
                sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-international. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri

Transaksi anonim
                Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dilakukan dengan kartu kredit



Produk digital dan non digital
                Produk-produk digital seperti software komputer,musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik.

Produk barang tak berwujud
                banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dengan menawarkan barang tak berwujud seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.

MEKANISME E-COMMERCE
Transaksi elektronik antara e-commerce dengan e-customer yang terjadi di dunia maya atau diinternet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, melainkan dokumen elektronik (digital document).
Para konsumen harus menyediakan informasi personal dan harus menyertakan nomor kartu kredit.Selanjutnya, mekanismenya adalah sebagai berikut:
Ø  Untuk produk on line yang berupa software,pembeli diizinkan untuk mendownloadnya
Ø  untuk produk yang berwujud fisik, pengiriman barang dilakukan sampai dirumah konsumen
Ø  Untuk pembelian jasa, supplier menyediakan untuk melayani konsumen sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dalam perjanjian.

KEUNTUNGAN DARI E-COMERCE
Keuntungan yang dapat di ambil dari penerapan e-commerce dapat dilihat dari 3 pihak utama yang terlibat didalamnya yaitu:organisasi,konsumen, dan masyarakat.
Bagi organisasi / perusahaan     
a.       Pasar intenasional
b.      Penghematan biaya operasional
c.       Berkurangnya kendala inovasi
d.      Biaya telekomunikasi yang lebih rendah
e.      Digitalisasi proses dan produk
f.        Batasan waktu kerja dapat diatasi

Bagi konsumen
                a. Akses penuh 24 jam / 7 hari
                b. Lebih banyak pilihan
                c. Perbandingan harga
                d. Proses pengantaran produk yang inovatif

Bagi masyarakat
                a. Praktek kerja yang lebih fleksibel
                b. Terhubungnya masyarakat dengan masyarakat lain
                c. Kemudahan akses fasilitas publik

KEKURANGAN E-COMMERCE
Walaupun adanya e-commerce memberi banyak keuntungan, masih terdapat berbagai kekurangan dari e-commerce antara lain:
Bagi organisasi / perusahaan
                a. Keamanan sistem rentan diserang
                b. Persaingan tidak sehat
              c. Masalah kompabilitas teknologi lama dengan    yang lebih baru
               
Bagi konsumen
                 a. Perlunya keahlian komputer
                 b. Biaya tambahan untuk mengakses internet
                 c. Biaya peralatan komputer
                 d. Resiko bocornya privasi dan data pribadi
                 e. Berkurangnya waktu untuk berinteraksi secara langsung
      dengan orang lain
                 f. Berkurangnya rasa kepercayaan karena konsumen
berinteraksi hanya dengan komputer.

Bagi masyarakat
                a. Berkurangnya interaksi antar manusia
                b. Kesenjangan sosial
                c. Adanya sumber daya yang terbuang
                d. Sulitnya mengatur internet



               
               



 

0 komentar