E-COMMERCE
E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut
komsumen(consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan
pedagang perantara(intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan
komputer yaitu internet.
E-Commerce
digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan
perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan(customer), atau
perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan public.
Sistem E-commerce terbagi menjadi
tiga tipe aplikasi :
Electronic Markets(Ems)
Ems adalah
sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk
melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli
dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan.
Electronic Data Interchange (EDI)
EDI adalah
sarana untuk mengefisiensikan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang
berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial
Intenet Commerce
Internet
commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan
komunikasi untuk perdagangan.
KARAKTERISTIK E-COMMERCE
Transaksi E-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus
:
Transaksi tanpa batas
sebelum era
internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau
individu yang ingin go-international. Sehingga, hanya perusahaan atau individu
dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri
Transaksi anonim
Para penjual dan
pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama
lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai
pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang
ditentukan, yang biasanya dilakukan dengan kartu kredit
Produk digital dan non
digital
Produk-produk
digital seperti software komputer,musik dan produk lain yang bersifat digital
dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik.
Produk barang tak
berwujud
banyak perusahaan
yang bergerak di bidang e-commerce dengan menawarkan barang tak berwujud
seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
MEKANISME E-COMMERCE
Transaksi elektronik antara e-commerce dengan e-customer yang terjadi di
dunia maya atau diinternet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction,
sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper
document, melainkan dokumen elektronik (digital document).
Para konsumen harus menyediakan informasi personal dan harus menyertakan
nomor kartu kredit.Selanjutnya, mekanismenya adalah sebagai berikut:
Ø Untuk produk on line yang berupa software,pembeli
diizinkan untuk mendownloadnya
Ø untuk produk yang berwujud fisik,
pengiriman barang dilakukan sampai dirumah konsumen
Ø Untuk pembelian jasa, supplier
menyediakan untuk melayani konsumen sesuai dengan waktu dan tempat yang telah
ditentukan dalam perjanjian.
KEUNTUNGAN DARI E-COMERCE
Keuntungan yang dapat di ambil dari penerapan e-commerce dapat
dilihat dari 3 pihak utama yang terlibat didalamnya yaitu:organisasi,konsumen,
dan masyarakat.
Bagi organisasi / perusahaan
a. Pasar intenasional
b.
Penghematan
biaya operasional
c.
Berkurangnya
kendala inovasi
d.
Biaya
telekomunikasi yang lebih rendah
e.
Digitalisasi
proses dan produk
f.
Batasan
waktu kerja dapat diatasi
Bagi konsumen
a. Akses penuh 24
jam / 7 hari
b. Lebih banyak
pilihan
c. Perbandingan
harga
d. Proses
pengantaran produk yang inovatif
Bagi masyarakat
a. Praktek kerja
yang lebih fleksibel
b. Terhubungnya
masyarakat dengan masyarakat lain
c. Kemudahan akses
fasilitas publik
KEKURANGAN E-COMMERCE
Walaupun adanya e-commerce memberi banyak keuntungan, masih
terdapat berbagai kekurangan dari e-commerce antara lain:
Bagi organisasi /
perusahaan
a. Keamanan sistem
rentan diserang
b. Persaingan tidak
sehat
c. Masalah kompabilitas
teknologi lama dengan yang lebih baru
Bagi konsumen
a. Perlunya keahlian komputer
b. Biaya tambahan untuk mengakses internet
c. Biaya peralatan komputer
d. Resiko bocornya privasi dan data pribadi
e. Berkurangnya waktu untuk berinteraksi
secara langsung
dengan orang lain
f. Berkurangnya rasa kepercayaan karena
konsumen
berinteraksi hanya dengan komputer.
Bagi masyarakat
a. Berkurangnya
interaksi antar manusia
b. Kesenjangan
sosial
c. Adanya sumber
daya yang terbuang
d. Sulitnya
mengatur internet
0 komentar