Alasan Anak Sekolah Nyontek Saat Ujian

02:32:00

Alasan Anak Sekolah Nyontek Saat Ujian

Sebagian besar Moms yang memiliki anak usia sekolah sedang resah. Moms takut nilai Ujian Nasional (UN) anak jeblok, atau yang terburuk buah hatinya ketahuan nyontek saat melaksanakan ujian yang menentukan kenaikan kelas dan kelulusannya itu.


Anak terdorong untuk nyontek pada dasarnya karena dia kurang percaya diri dengan kemampuan dirinya. Sikap Moms yang senewen menghadapi UN anak juga ternyata memengaruhi, sebab Moms secara tidak sadar menghantarkan energi negatif ke anak.








ujian






“Tanyakan pada anak apa target dia, misalkan dia menjawab kelulusan, tanyakan lagi bagaimana dia meraihnya, murni hasil dia atau buah hasil temannya,” kata psikolog Ratih Andjayani Ibrahim kepada okezone yang ditemui di acara Sambut Suksesmu Dengan Percaya Diri Setiap Hari oleh Rexona, di XXI Djakarta Theatre, belum lama ini.


Ratih menambahkan, pentingnya persiapan yang matang dalam menghadapi UN. Saat persiapan telah matang, maka anak dapat mengatasi isu apapun di depannya.


Ketika tahu dia sudah mempersiapkan diri dengan belajar, tunjukkan kalau kita yakin juga dengan kemampuannya. Nah, saat nilainya ternyata jelek mungkin disebabkan karena persiapan yang kurang optimal.


“Jujur, saya cukup tenang menghadapi UN anak saya, tapi ketika tahu nilainya jelek saya tidak memarahi, tapi saya meyakinkan dia saat mengulang ujian saya yakin dia bisa. Ingat kalimat ini; when you master the issue your confidence level will raise dan begitu anak pede, maka dia tidak akan mau mencontek.













































































































































































































































1 komentar: