Sunday, 8 February 2015

Tips Membeli Laptop/Notebook Baru

Tips Membeli Laptop/Notebook Baru

Mau membeli laptop/ notebook baru? Saat akan membeli laptop, terkadang kita bingung, produk mana yang akan kita beli, karena banyaknya merek juga harga dan spesifikasi laptop yang begitu banyak dan bermacam-macam. Tetapi kita harus mencari informasi dulu sebelum kita akan membeli laptop. Lantas, kali ini saya akan memberi tahu hal-hal apa saja yang perlu kita ketahui sebelum membeli laptop.

  1. Pilih jenis laptop/ notebook sesuai  kebutuhan. Spesifikasi laptop yang di butuhkan oleh mahasiswa tentu saja berbeda dengan yang di butuhkan oleh pengusaha. Begitu juga jika anda hendak membeli laptop untuk bermain game. Mahasiswa ataupun pelajar mungkin banyak yang membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas-tugasnya, jadi tidak dibutuhkan jenis laptop dengan spec yang sangat tinggi, cukup untuk menyimpan data dan fitur-fitur multimedia lainnya untuk sekedar browsing, dengerin musik dan nonton film. Lain lagi jika anda mahasiswa atau bekerja di bidang desain grafis berat seperti rendering di maya dan modelling 3D, jelas anda membutuhkan laptop dengan spec yang tinggi. Misalnya prosesor core i3 atau diatasnya, RAM 2 atau 4 GB, juga hard disk yang cukup besar. Sedangkan untuk gaming, apalagi game-game yang cukup berat, tentu di butuhkan laptop dengan spec yang tinggi. Nah, sekarang tergantung anda. Untuk keperluan apa dulu anda hendak membeli laptop? kalau anda membutuhkan semuanya, untuk mengerjakan tugas kuliah atau kantor, juga suka gaming dan multimedia yang sangat berkualitas, pilih saja spec yang paling tinggi.

membeli laptop baru
  1. Sesuaikan dengan budget. Ini adalah langkah ke 2 dari 8 tips memilih dan membeli laptop/ notebook yang berkualitas dan saya rasa ini tips yang paling penting hehe… Jelas lah, seberapa tinggi spec laptop/notebook yang anda inginkan, kalau isi kantong tidak mendukung paling ujungnya cuma bisa gigit jari. Sesuaikan budget yang anda siapkan dengan jenis laptop yang anda inginkan, jika budget minim, anda masih bisa membeli laptop dengan spec yang minim namun masih sesuai dengan kebutuhan atau alternanif lainnya ada bisa membeli laptop atau notebook bekas (second).


  1. Pilih yang berukuran kecil. Ini bila tujuan anda untuk mobile, artinya laptop/ notebook selalu di bawa kemana-mana, misalnya 10 inch atau 12 inch dengan daya tahan baterai yang cukup lama dan mempunyai fitur wi-fi yang bagus.


  1. Cari spesifikasi yang lengkap. Sebelum membeli, anda harus mengetahui harga dan spesifikasi laptop yang akan anda beli, caranya gampang anda tinggal tanya mbah google dengan mengetik harga dan spesifikasi ditambah merk dan tipe laptop. Misalnya “Harga dan spesifikasi (Sebutkan merek laptopnya)” . Ini penting agar anda mendapat laptop atau notebook yang anda butuhkan dan juga anda tidak tertipu dengan harga yang ada di took-toko. Anda juga bisa membaca review orang-orang yang telah menggunakan jenis laptop yang anda cari, misalnya dengan mengetik “review (Sebutkan merek laptopnya)”.


  1. Ketersediaan service centre di kota anda. Cari juga ketersediaan service centre dikota anda, ini juga penting karena kalu sewaktu-waktu laptop anda mengalami masalah, anda tidak perlu jauh-jauh untuk klaim garansi atau menservicenya. Cek google, misalnya “service centre (Sebutkan merk laptopnya)”.


  1. Cek garansi. Setiap produsen laptop mempunyai masa garansi yang berbeda. Laptop merk a misalnya punya garansi 2 tahun dan klaim garansinya bisa anda dapatkan dimana saja. Pengalaman salah seorang teman yang membeli satu merk laptop dari Kanada. Dia bisa mendapatkan klaim garansinya di Indonesia saat mengalami masalah. Pastikan garansi yang di berikan sesuai dengan yang tercantum dalam situs resmi. Jika anda tidak tahu alamat situs resmi berbagai produsen laptop, lagi-lagi bisa nanya mbah google.


  1. Processor. Saya yakin anda tau 2 processor yang terus bersaing yaitu Intel dan AMD tapi kalau dilihat untuk gaming maka AMD lebih baik untuk game dibanding AMD, tapi bagaimana dengan yang lain???  kalau untuk performa yang lain maka Intel jauh lebih baik, tapi meski demikian AMD jauh lebih murah dibanding Intel, ya tinggal anda yang memilih laptop yang anda beli untuk apa??? gaming atau kerja, karena Intel pada awalnya lebih baik dari AMD di setiap performanya, mungkin dengan dikeluarkannya Intel Core 3, 5 dan 7, membuat perusahaan produksi AMD harus banting harga untuk meningkatkan penjualannya, banyak yang bilang jika AMD itu  panas sebenarnya ini gosip lama, saya kurang tau dengan AMD yang sekarang, tapi jika anda benar benar gamers yang ingin memainkan game berat yang punya kualitas yang tinggi maka Intel lah pilihannya, tapi dilihat dari harga processor Intel yang harganya cukup mahal dan anda memiliki uang yang kurang mungkin anda bisa memilih Intel Pentium atau Intel Core 2 Duo, tapi jika anda memiliki banyak uang tak usah tanggung tanggun Intel Core 5 dan Intel Core 7 adalah piliahnnya, tapi jika anda memilih AMD maka AMD Phonem III adalah pilihan terbaik jika anda memiliki uang yang cukup jika tak terlalu banyak saya sarankan saja untuk memilih yang AMD Phonem


  1. RAM. Mungkin RAM ( Random Acces Memory ) sangat juga diperhitungkan apalagi game berat paling tidak RAM kita lebih dari 2 GB kalau masalah merek tak perlu di kwatirkan tapi merek DDR paling populer saat ini, RAM akan memproses Data kita untuk performa GAme jika RAM kita tak kuat kebanyak Game akan Exit Sendirinya atau juga muncul pesan error 


  1. Grafik / VGA. Saya yakin anda tau yang ini, hal yang paling diperhitungkan seorang gamer adalah kemampuan VGA nya, akhir akhir ini NVIDIA dengan Ge FOrce nya dan ATi dengan RAdeonnya mendominasi pasaran, sebenernya untuk VGA ini tak berbeda dengan processor, VGA adalah hal terpenting dalam membeli sebuah laptop untuk gaming!!! mungkin anda pernah liat saat bermain game terlihat patah-patah, lambat, loading lama, gambar kecerahan, grafik kurang bagus  itu disebabkan oleh VGA nya, untuk saat ini NVIDIA dengan Ge Force nya lebih mendominasi karena kerja sama dengan Intel dan Ati dengan Radeon nya berkerjasama dengan AMD, makanya sulit mencari laptop Processor AMD dengan NVIDIA dan Intel dengan Ati, tapi NVIDIA lebih baik daripada Ati sebenarnya ada fakta unik dibalik Kesuksesan NVIDIA, tapi itu akan saya posting lain waktu, jadi saran saya anda lebih baik membeli VGA NVIDIA.


  1. Hardisk / Data / Kapasitas. Mungkin pilihan di atas sesuai dengan keninginan anda tapi bagaimana dengan hardisk???  anda sudah memilih Prcosser intel Core 5, RAM 4 GB dan VGA 1 GB, tapi Hardisk hanya 60 GB, untuk game tinggi pasti memekan hardisk sampai 10 GB, jadi jangan membuat menyesal karena hardisk tak diperhatikan pilihlah hardisk dengan ukuran yang besar untuk merek tak usah di khawatirkan, karena untuk merek saya tak tapi paham, tapi menurut saya yang harus diperhatikan yaitu kapasitasnya 


  1. Resolusi. Mungkin Anda sudah siap hati untuk membeli laptop tapi apa anda memperhatikan Resolusinya?? Supaya Game terlihat lebih baik maka resolusi layar harus tinggi 


  1. Sistem Operasi. Windows menjadi sasaran kebanyakan orang apa lagi dengan munculnya Windows 8  membuat nama microsoft perusahaan pembuat windows  lebih bersinar, untuk sistem operasi orang sudah puas di Windows tapi kenapa tak mencoba Linux ataupun Mac OS, sebenarnya Grafik Mac Os jauh lebih baik untuk Gaming, tapi kendala harga Sistem Operasi Ini mahal maka Windows lebih diminati,lalu kenapa tak memilih LinuX yang punya ketahanan yang lebih baik dari Windows??  memang LinuX cukup baik untuk Game tapi untuk pengopersiannya sangat sulit apa lagi yang belum terbiasa. 
Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop yang bagus dan berkualitas.

Posted By: brema bastanta

Tips Membeli Laptop/Notebook Baru

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us

© OFFICIAL BLOG SEDERHANA BREMA | BREMA NOTE BLOG All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates Published.. Blogger Templates