Monday, 23 February 2015

Cara mengecek Keaslian Foto Seperti Pakar Telematika

 Cara mengecek Keaslian Foto

Cara Mengecek Keaslian Foto - "Foto ini adalah asli" Kata Pakar Telematika. Melihat kata-kata itu mungkin teman-teman sudah bisa tahu siapa yang paling sering disuruh untuk mengecek keaslian sebuah foto. Untuk menjadi seoarang ahli telematika memang susah, tapi untuk menjadi seoarang yang dianggap sebagai ahli telematika itu mudah saja, hanya cukup dengan sering tampil di TV.

Teman-teman pun bisa disebut seperti sang ahli telematika. Hanya dengan melihat atau menilai bahwa foto ini asli atau tidak. Sekarang mungkin sudah mulai berkurang kasus-kasus tersebut. Untuk sekedar mengulang saja, bahwa HP atau Media penyimpan Data anda meskipun dihapus ataupun diformat masih bisa dikembalikan lagi (baca: Easus Data Recovery Wizard). Itu yang kadang menimbulkan adanya konflik foto yang seharusnya menjadi koleksi pribadi (karena berhubungan dengan barang "Probadi"), menjadi milik public.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana kita melihat Keaslian sebuah foto, baik menggunakan software atau menggunakan fitur Windows.

Metadata (Detail) Windows Photo
Disini kita tidak memerlukan software tambahan, hanya dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada. di Windows 7. Harap di ingat ini hanya berlaku di Windows 7.
•             Klik kanan pada foto yang akan kita Cek
•             Lalu Pilih Properties


•             Setelah itu klik pada tab Detail.
Itu adalah cara paling gampang tanpa menggunakan software tambahan. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan liat gambar dibawah ini, untuk membedakan mana yang tanda yang editan atau mana yang asli.




EXIFRead
Kalau program yang satu ini hasil metadatanya mungkin lebih lengkap dari fitur bawaan windows, namun pada intinya sama saja yang itu kita hanya akan sebatas tahu bahwa foto asli atau editan. Ada 2 Versi untuk yang satu ini, baik itu Online maupun berupa software. Kalau untuk Online sangat mudah sekali, langsung saja menuju ke EXIF reader, sedangkan untuk software sebagai berikut ini:
•             Download dulu software EXIFRead.
•             Setelah Download klik EXIFread.exe
•             Open dan Cari lokasi gambar yang akan anda cek kebenarannya.

 (Ini yang tanpa editan, karena ada tertulis di Ambil dengan HP Samsung)


 (Ini adalah hasil editan menggunakan Adobe Photoshop CS 2)

Namun, yang versi Online teman-teman akan lebih kompleks untuk penjelasannya. Karena yang Online sudah ada penilaian sendiri mengenai keaslian sebuah foto atau gambar. Bahkan bisa menilai gambar baik gambar yang ada di Internet atau di Komputer kita.

JPEGSnoop
Kalau software yang ini hampir sama sistem kerjanya dengan EXIFreader yang Online, namun pemberitahuannya saja yang berbeda. JPEGSnoop ini merupakan sebuah software yang dapat mengecek keaslian gambar yang hanya berformat JPEG. Memang yang paling populer untuk format gambar adalah JPEG ata JPG. Langsung saja pada caranya
•             Download terlebih dahulu JPEGSnoop [untuk yang ini silahkan cari di Google] atau mampir               ke G+ Imerey Imuc (request)

•             Jika sudah selesai mendownloadnya langsung saja mengekstrak
•             Lalu klik 2 kali pada JPEGSnoop.exe
•             Pilih File > Open Image, lalu pilih gambar yang akan di cek kebenarannya.





JPEGSnoop mungkin adalah opsi yang cukup komplek dilihat dari banyaknya penjelasan yang diberikan mengenai foto atau gambar tersebut.

Mungki hanya itu yang bisa saya berikan mengenai Cara Mengecek keaslian foto atau cara mengetahui foto asli atau editan.


Posted By: brema bastanta

Cara mengecek Keaslian Foto Seperti Pakar Telematika

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us

© OFFICIAL BLOG SEDERHANA BREMA | BREMA NOTE BLOG All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates Published.. Blogger Templates