Thursday, 11 April 2013

Mobil Radio Kontrol Berbahan Bakar Sampah


dAlH2Orean : Mobil Radio Kontrol Berbahan Bakar Sampah

Film komedi sci-fi yang sempat terkenal di era 80-an, Back To The Future, menceritakan petualangan Dr. Emmett Brown dan Marty McFly melintasi ruang dan waktu dengan menggunakan sebuah mobil bernama DeLorean. Dalam salah satu adegan, diperlihatkan Dr. Brown mengambil sampah kaleng bekas yang kemudian digunakan untuk menghidupkan mobil tersebut. Terinspirasi dari adegan ini, dua orang peneliti dari Universitas Politeknik ETSEIAT, Spanyol, menciptakan sebuah mobil radio kontrol yang menggunakan bahan bakar serupa.


Aleix Llovet dan Xavier Saluena menciptakan sebuah mobil radio kontrol yang menggunakan bahan bakar tutup kaleng soda dan sampah aluminium yang didaur ulang. Untuk menghormati inspirator proyek ini, mobil radio kontrol ciptaan kedua peneliti tersebut dinamakan dAlH2Orean. Ini merupakan mobil radio kontrol pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar dari sampah aluminium yang dicampur dengan sodium hidroxid yang dilarutkan dalam air. Sistem tenaga penggerak ini diklaim tidak menghasilkan emisi CO2 sama sekali sehingga dapat dikatakan sangat ramah lingkungan.
Bahan bakar alternatif sering diasosiasikan dengan gerakan kendaraan yang lambat. Namun, beda halnya dengan dAlH2Orean. Walaupun hanya sekadar mobil radio kontrol, dAlH2Orean memiliki kecepatan maksimal 30 kilometer per jam. Kehadiran mobil radio kontrol ini menunjukkan potensi penggunaan sampah aluminium sebagai bahan bakar kendaraan. Dengan cara ini, pelestarian lingkungan tidak hanya dilakukan dengan mengurangi emisi CO2 di udara, tetapi juga dengan mengurangi sampah aluminium yang berceceran.
Posted By: brema bastanta

Mobil Radio Kontrol Berbahan Bakar Sampah

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us

© OFFICIAL BLOG SEDERHANA BREMA | BREMA NOTE BLOG All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates Published.. Blogger Templates