Thursday, 11 April 2013

Scanner Laser Menjadi Tongkat Virtual Bagi Para Tunanetra


Scanner Laser Menjadi Tongkat Virtual Bagi Para Tunanetra

Para tuna netra dapat berjalan sendiri dengan bantuan sebuah tongkat yang digunakan untuk mendeteksi setiap rintangan di hadapannya. Namun, bagaimana dengan tuna netra yang memerlukan bantuan kursi roda untuk bergerak? Apakah mereka harus menggerakan kursi roda dengan satu tangan dan tangan lainnya menggenggam tongkat? Kegiatan ini tidak terkesan sederhana ataupun mudah sama sekali.


Sekelompok peneliti dari Universitas Teknologi Luleå, Swedia, menciptakan sebuah kursi roda elektrik yang dilengkapi dengan scanner laser. Scanner ini berperan seperti tongkat virtual yang memeriksa setiap rintangan di sekitar kursi roda. Dari hasil scan tersebut, sebuah sistem akan mengirimkan umpan balik kepada pengguna yang memungkinkan mereka untuk merasakan setiap benda di sekitarnya. Hal ini dapat memudahkan pengguna untuk menavigasikan kursi roda mereka tanpa menabrak rintangan apa pun, baik pejalan kaki maupun barang-barang di sekitarnya.
Tes publik pertama dilakukan oleh salah satu mahasiswa Universitas Teknologi Luleå bernama Daniel Innala Ahlmark. Ia sendiri memiliki keterbatasan penglihatan yang justru membuatnya menjadi kandidat yang tepat untuk melakukan pengetesan kursi roda elektrik ini di lapangan. Sistem scanner laser yang digunakan diklaim memiliki efek yang serupa dengan penggunaan tongkat sebagai alat pendeteksi rintangan pada saat berjalan.
Tim peneliti dari Universitas Teknologi Luleå mengaku bahwa sistem scanner laser ini masih berada dalam tahap pengembangan. Hingga saat ini, sistem ini hanya dapat mendeteksi setiap rintangan yang berada di level ketinggian yang sama dengan laser tersebut. Salah satu solusi yang dipertimbangkan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan penggunaan kamera 3D. Diperkirakan setidaknya sistem scanner laser untuk kursi roda ini baru akan siap diproduksi untuk konsumen dalam lima tahun mendatang.
Posted By: brema bastanta

Scanner Laser Menjadi Tongkat Virtual Bagi Para Tunanetra

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us

© OFFICIAL BLOG SEDERHANA BREMA | BREMA NOTE BLOG All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates Published.. Blogger Templates