blogwalking

20:52:00

Tips dan Cara Melakukan Blogwalking Yang Efektif



Tips dan Cara Melakukan Blogwalking Yang Efektif - Untuk membuat blog anda ramai pengunjung, maka anda harus memperkenalkan atau mempromosikan blog saudara ke para blogger maupun semua orang. Salah satunya adalah dengan melakukan blogwalking ke blog-blog tetangga atau sahabat. Oleh karena itu di sini saya akan membahas artikel tentang BLOGWALKING. 

Apa Itu Blogwalking? 

Blogwalking adalah suatu aktivitas di mana kita mengunjungi blog-blog lainnya dalam rangka silaturahmi. Nah untuk menarik pengunjung biasanya para blogger (termasuk saya) melakukan aktivitas blogwalking. Jadi singkatnya blogwalking adalah jalan-jalan, hehehe...

Apa Manfaat Blogwalking?

Blogwalking memiliki manfaat sebagai berikut: 

a. Sebagai Media Untuk Membangun Tali Silaturahmi
b. Sebagai cara mempromosikan blog gratisan
c. Sebagai media, atau cara mendapatkan backlink
d. Sebagai media untuk mendapatkan banyak pengunjung
e. Sebagai media untuk saling berbagi pengetahuan
f. Sumber inspirasi dalam membuat artikel.

Hal-Hal Yang Membuat Blogwalking Menjadi Sia-Sia

Ternyata blogwalking itu tidak selalu memberikan manfaat seperti di atas bagi kebanyakan blogger. Karena masih banyak sekali blogger yang egois dan mementingkan diri sendiri hanya untuk mengutamakan backlink dengan cara menjadi blog SPAMMER. Padahal jika kita pahami lebih dalam, menjadi spammer itu hanya akan membuat blogwalking kita sia-sia. Kenapa? berikut jawabanya :

  1. Komentar yang bersifat SPAM akan langsung dihapus oleh admin blog sehingga blog walking kita menjadi sia-sia, yang tadinya ingin mendapatkan backlink, yang ada malah rugi karena kita  sudah rela memakai waktu kita untuk berkomentar, ternyata komentar kita tidak disetujui dan malah dihapus. 
  2. Tidak disukai oleh orang lain, blogger tukang nyepam tidak akan disukai banyak orang,  karena tujuannya bukan untuk bersilaturahim, tapi hanya untuk sekedar nyebarin link yang belum tentu link tersebut akan bermanfaat atau tidak nantinya.
  3. Memiliki reputasi buruk di mata mesin pencari seperti google, karena blog yang suka nyepam kurang di sukai oleh google dan blog anda tentunya nanti akan dicap jelek oleh mesin pencari google.

Cara Melakukan Blogwalking Yang Efektif?

Agar kegiatan blogwalking yang kita lakukan tidak sia-sia, ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :

a. Berkomentarlah sesuai topik / tema artikel.

b. Jangan mencantumkan live link didalam isi komentar

c. Gunakan akun "Name/URL" jika anda ingin menanam link, misalnya :

- Name : Isi dengan nama anda / judul blog / atau keyword ( jika diijinkan )
- URL : Isi dengan alamat blog anda atau alamat postingan anda

d. Setiap kali kita berkunjung ke blog lain usahakan untuk meluangkan waktu untuk saling bertukar link ( link Exchange ) dan saling follow blog.

e. Tinggalkan komentar yang menarik sehingga dapat menarik perhatian admin blog dan blogger lain untuk berkunjung ke blog kita

Tips Melakukan Blogwalking

  • Lakukanlah blogwalking secara rutin tiap hari atau seminggu sekali dengan waktu antara 30 menit sampai 1 jam minimal ke 10 blog terutama yang ber-pagerank tinggi. Jika blog yang dikunjungi itu ber-pagerank tinggi, maka otomatis kamu berkomentar di blog yang terpercaya dengan jumlah pengunjung yang banyak dan mempunyai kesempatan mendapatkan trafik lebih banyak dari pembaca lain yang meng-klik link yang kamu pasang di komentar tersebut.
  • Carilah blog yang sesuai dengan minat kamu. Hal ini dikarenakan jika sesuai dengan minat kamu, maka kamu akan mendapatkan keasyikan tersendiri dalam berkomentar karena otomatis kamu akan tertarik untuk membaca artikel-artikel tersebut.
  • Jika kamu sibuk, utamakanlah blog-blog yang wajib kamu kunjungi. Buat tabel yang berisi blog-blog yang memiliki pagerank yang tinggi dan juga beraliran dofollow agar hasilnya nanti lebih maksimal.
  • Berkomentarlah sesuai isi artikel agar tidak di anggap spam dan supaya nyambung dengan isi artikel. Hindari komentar "salam kenal", "halo", "info bagus", "mantap" apalagi ditambah dengan permintaan kunjungan balik.
  • Berkomentarlah dengan bahasa dan makna yang bukan negatif atau propokatif. 
  • Dan juga ikuti dan patuhilah perarturan-peraturan untuk berkomentar pada blog tersebut agar komentar anda disetujui untuk ditampilkan.  

0 komentar