Tuesday, 13 January 2015

Monitor Komputer Tidak Menyala

Penyebab Monitor Tidak Menyala Tapi CPU Menyala dan Cara Mengatasinya

monitor tidak menyala
http://brema-blog.blogspot.com/
Penyebab monitor tidak menyala tapi CPU menyala seringkali berkaitan dengan harware komputer yang mengalami kerusakan maupun kurang pas dalam pemasangannya.
Permasalahan monitor tidak menyala namun CPU menyala cukup sering dialami oleh para pengguna komputer, mungkin juga termasuk Anda salah satunya.

Karena itulah Anda harus bisa mendeteksi penyebab monitor tidak menyala dengan melakukan beberapa tes dasar sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat servis komputer. Tentu akan menghemat uang jika Anda bisa memperbaiki kerusakan komputer yang sudah diketahui kerusakannya.

Berikut ini penyebab dan cara memperbaiki monitor tidak menyala tetapi CPU menyala, mungkin salah satu diantaranya bisa membantu Anda :
  • Pastikan kabel listrik dari CPU atau power supply ke monitor telah terpasang dengan baik dan kencang. Tanda bahwa arus telah diterima monitor adalah lampu power monitor telah menyala.
  • Pastikan kabel penghubung CPU ke monitor, baik kabel HDMI, DVI atau kabel VGA standar terhubung dengan baik dan tidak ada pin yang patah, bengkok atau pun kotor.
  • Penyebab monitor tidak menyala lainnya biasanya adalah karena RAM yang rusak atau kotor. Untuk memastikannya, lepaslah RAM lalu bersihkan debu baik di permukaan kaki-kaki RAM maupun yang ada di dalam slot yang ada pada motherboard. Untuk kaki-kaki RAM Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan penghapus pensil, lalu pasang kembali, jika perlu pindahkan ke slot lainnya jika tersedia.
  • Selanjutnya jika monitor komputer masih belum menyala, Anda bisa mengecek arus yang dihasilkan power supply apakah masih sebesar 5 volt dan 12 volt. Power supply yang kualitas tegangannya telah menurun juga bisa menjadi penyebab monitor tidak menyala.
  • Jika Anda memakai VGA tambahan, maka lepaslah terlebih dahulu dan coba pasang di komputer lain untuk memastikan apakah masih bisa dipakai atau tidak.
  • Faktor lain yang sering menjadi penyebab monitor tidak menyala adalah pemasangan komponen yang tidak sempurna atau masih ada yang goyang. Periksa semua kabel yang menghubungkan antar komponen, misalnya kabel harddisk, kabel CD-ROM dan komponen lainnya, pastikan semuanya terpasang dengan baik. Untuk mengecek harddisk, Anda bisa memasangnya ke dalam komputer lain terlebih dahulu.
Jika semua langkah perbaikan monitor tidak menyala diatas sudah Anda lakukan dan masih belum berhasil, maka Anda bisa membawanya kepada orang yang lebih ahli agar bisa dicek secara lebih lengkap.
Posted By: brema bastanta

Monitor Komputer Tidak Menyala

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us

© OFFICIAL BLOG SEDERHANA BREMA | BREMA NOTE BLOG All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates Published.. Blogger Templates